KELAS UNGGULAN TATA BOGA

Mengukir Masa Depan

“Waduh berat banget, Kak !” keluh salah seorang siswa Tingkat I sewaktu diberitahu siswa kelas III Restoran Nasional mengenai sistem Belajar di kelas Restoran Nasional.”Tapi jangan khawatir, asal kamu sungguh-sungguh dan berusaha untuk bisa, aku yakin kamu bisa”kata Vetin yang pernah mengalami kesulitan belajar sewaktu masih duduk di tingkat I.

Lain lagi cerita salah satu siswa kelas I Restoran Wirausaha. “Saya ingin menjadi wirausahawan, pengen buka catering, Pak begitu kilahnya pada seleksi siswa untuk kelas unggulan. Menjadi siswa kelas unggulan memang merupakan impian sebagian besar siswa. Keinginan berprestasi dan masuk dalam bursa siswa terbaik terbentang luas bagi para siswa kelas unggulan. Bagaimana tidak kelas unggulan hanya menampung siswa yang lolos ketatnya seleksi, ditunjang dengan sistem belajar mengajar yang inspiratif, produktif dan perspektif serta penempatan siswa di industri yang sesuai menjadikan siswa kelas unggulan lebih terarah.

SMKN 1 Buduran memiliki dua kelas unggulan di Program Keahlian Restoran dan salah satu kelas unggulan di program keahlian tata busana. Kelas tata boga wirausaha, dibuka pada tahun 2001. setahun kemudian dibuka juga kelas tata boga nasional dan kelas tata busana wirausaha. Sesuai dengan terbitnya kurikulum 2004, sebutan kelas tata boga selanjutnya berubah menjadi kelas restoran, sedangkan kelas tata busana tidak mengalami perubahan sebutan. Dan setelah SMKN 1 Buduran meraih gelar sebagai, kelas restoran industri (resmi digunakan sejak tahun pelajaran 2006/2007)  .

Kedua kelas unggulan tersebut memiliki tujuan akhir yang sedikit berbeda. Kelas wirausaha bertujuan mengantarkan tamatan untuk menjadi wirausahawan muda sesuai bidangnya (menjadi manajer kecil), sedangkan kelas nasional bertujuan untuk mencetak tenaga kerja yang andal bagi industri hotel dan restoran yang berskala internasional.

Perekrutan siswa kelas unggulan dilakukan melalui seleksi yang cukup ketat dan akhir semester pertama. Seleksi tersebut melibatkan tim kecil yang terdiri dari atau guru BK. Melalui seleksi tersebut siswa “dijerat” dengan kriteria intelegensia, performance, minat, bakat dan latar belakang keluarga. Tim selektor harus bekerja ekstra untuk memilih yang terbaik dari yang baik, mengingat daya tampung kelas unggulan hanya 24 siswa untuk masing-masing kelas wirausaha dan kelas nasional.

Sistem belajar yang menitikberatkan pengawasan yang lebih seksama pada setiap siswa di kelas unggulan berujung pada beberapa konsekuensi, seperti seleksi yang ketat, biaya praktikum yang lebih tinggi dan kesiapan siswa untuk dipindahkan ke kelas reguler bila dalam perjalanan waktu ternyata standar kelas unggulan. Hampir setiap tahun terjadi siswa kelas unggulan yang terpaksa dikembalikan ke kelas reguler”; jelas Bu Mamik,”guru besar” program keahlian restoran.

Kelas unggulan di program keahlian restoran menerapkan sistem pembelajaran “team teaching” yang unik. Pada mata diklat produktif, kelas dibagi dalam tiga kelompok, yaitu kelompok pengolahan makanan , kelompok pengolahan dessert kudapan (pengolahan kue dan roti) dan kelompok tata hidang. Secara bergiliran dalam tiga hari belajar praktikum, tiap kelompok mengikuti pengajar pada ketiga kelompok mata diklat tersebut. Alhasil, dalam satu Minggu satu siswa akan bertemu dengan makanan dan system penyajian makanan yang sam sebanyak tiga kali, sehingga para siswa pasti jauh lebih paham tentang suatu materi produktif.

Selain itu team taching tersebut pada kelas unggulan dilaksanakan pengambangan modal dengan mengambil “jatah” satu hari dalam satu Minggu. Melalui mata diklat pengembangan modal, siswa dibimbing untuk menangani sebuah pesanan, termasuk mencari order, menghitung harga jual, harga jasa, merencanakan produksi, memproduksi barang dan jasa hingga memasarkan. Juga tidak dilupakan aspek manajemen dan administrasi usaha kecil diasah diisi sini.

Di kelas nasional lagi program pengayaannya. Jam mata diklat bahasa Inggris ditambah, juga ada muatan khusus bahasa Jerman dengan alokasi 3 jam per Minggu. Bahkan siswa yang berminat pada bahasa asing lain seperti bahasa Jepang dan bahasa Cina difasilitasi dengan memanggilkan guru les pada hari Minggu.

Berbagai prestasi telah diraih melalui siswa kelas unggulan baik di bidang keahlian tata boga maupun tata busana. Predikat juara Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Propinsi dan Nasional, asah kemampuan bahasa Inggris, Jerman dan Jepang menjadi bukti keandalan para siswa kelas unggulkan. Dan di lingkungan sekolah sendiri, prestasi bintang sekolah didominasi oleh siswa kelas unggulkan.

“Hal yang paling melegakan saya, tamatan dari kelas unggulkan tersebut, sebelum 6 bulan semuanya telah bekerja, ada yang berwirausaha bekerja di industri garmen, hotel, restoran dan catering, juga sebagian ada yang melanjutkan kuliah”, kata Ibu Joejoek yang membidangi BKK (Bursa Kerja Khusus).

Untuk menggaransi tamatan dari kelas unggulkan bermutu unggul, sistem ujian khusus pun diterapkan. Pada kelas wirausaha, diterapkan menjadi kelompok kecil. Kelompok kecil tersebut selanjutnya melaksanakan sebuah penyediaan produk dan jasa (misal catering dan sanggar busana), yang bertujuan untuk mengembangkan modal, siswa dihadapkan kepada penguji dari industri yang relevan. Mereka menjalani tes wawancara yang akan “menyisir” tingkat penguasaan siswa terhadap aspek kewirausahaan dalam sebuah usaha.

Uji kompetensi juga harus dihadapi siswa kelas wirausaha. Bahkan pada awalnya uji kompetensi untuk kelas wirausaha dilaksanakan pada akhir kelas II. Dengan berlakunya kurikulum 2004, uji kompetensi komprehensif tampaknya tetap harus dilakukan di akhir tingkat III. Untuk kelas nasional, uji kompetensi dilaksanakan dengan mengandung “assessor” yang satu tingkat lebih tinggi dari kelas lainnya. Pada tahun-tahun yang lalu, instansi digandeng adalah PHRI (Perkumpulan Hotel dan Restoran Indonesia), tapi mulai tahun 2006/2007, pada kelas restoran nasional diterapkan assessment melalui LSP Pariwisata.

“Memang beban mereka berat, namun tamat dari sini, mereka mengantongi berbagai sertifikat dan paspor kompetensi. Yang jelas bekal sudah kami berikan, kalau mereka pintar memanfaatkan, saya yakin masa depa cerah sudah ada di tangan”, jelas Kepala Sekolah menandaskan.

19 responses to “KELAS UNGGULAN TATA BOGA

  1. Alvin firmanda

    Bapak ibu guru kapan pembukaan pendaftaran du SMKK 1 buduran

  2. kak pendaftaran untuk tahun 2016 kapan di buka??

  3. Dear Bapak Ibu
    Jurusan Tata Boga SMK 1 Buduran Sidoarjo

    Assalamualaikum

    Nama saya Harry, saat ini saya mencari tenaga lulusan SMK 1 jurusan Tata Boga untuk bekerja di Usaha Bakery saya yang berlokasi di Sidoarjo. Bilamana ada lulusan tata boga SMK 1 Buduran yang ingin bekerja di Toko Roti & Usaha Bakery saya yang berlokasi di Sidoarjo. Mohon bisa dikirimkan Data diri / CV ke alamat email : harry.noprian@gmail.com atau bisa menghubungi di no : 081392001488

    Terima kasih

    Salam,
    Harry

  4. jangkar

    Admin, perkenankan saya mau menitip info lowongan kerja.
    Mudita Bakery sebagai bagian dari toko oleh-oleh terbesar di Pasuruan membutuhkan Baker dengan syarat sbb:
    wanita max 30 tahun, min lulusan SMK Tataboga, bisa membuat roti & pastry.
    Kirimkan lamaran ke biansioe@bipangjangkar.com atau ke Bipang Jangkar Jl Lombok 37 Pasuruan. Terima kasih.

  5. m.ilham.maulana

    Assalammualaikum.
    Pendaftaran ppdb 2015 dumulai bulan apa?
    Dan,tes wawan caranya itu pakek bahasa indonesia/inggris?
    Saya mohon dibls😊

  6. soegiarto

    Pimpinan SMKN

    di Tempat

    HAL : Perkenalan dan permhonan kerjasama

    Dengan hormat,

    Perkenalkan nama saya Soegiarto , saya adalah HRM FG Resto dengan alamat kantor pusat kami di Jl. Brebek Industri V no 3 Sidoarjo. No Telp 031-8484530 / 031-8494680 . Saya ingin berkenalan dengan Bapak/ Ibu dan sekaligus memperkenalkan perusahaan kami yang bergerak dalami bidang restaurant. Restaurant yang berada di bawah naungan FG Resto Group ini adalah Pandan Village Restauran , Wah Kee ( Restorauan & Food Corner ) dan Suki-suki Restauran.

    Ketiga jenis restauran tersebut berada di Mall-mall di Surabaya , Jakarta dan di Banjarmasin Kalimantan. Saat ini FG Resto punya belasan restauran, dimana restauran tersebut sangat mem butuhkan lulusan sekolah kejuruan yang siap kerja atau sudah pernah menjalani masa on job training. Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini selain ingin berkenalan, saya juga memohon untuk mendapatkan nama alumni dari sekolahan yang bapak /ibu pimpin agar bisa bekerja di tempat kami.

    Bilamana ada siswa bapak yang tertarik untuk bekerja di tempat kami bisa kirim CV ke alamat email: rec01.fgresto@gmail.com atau bila lewat surat bisa dikirimkan ke Alamat Kantor Jl. Brebek Industri V no 3 Sidoarjo.

    Dan perlu diketahui bahwa kebutuhan untuk karyawan restauran kami adalah setiap saat dan pada semua level misalnya steward,cook ,captain cook, pastry, waiter,waitress,captain service, supervisor outlet, maupun manager outlet.

    Demikian atas perhatian dan kerjasamanya terimakasih.

    Hormat kami,

    Soegiarto

    HRM FG RESTO

    HP : 081216441355

    Email : Soegiarto.fgresto@gmail.com

    • SMK Negeri 1 Buduran

      terima kasih bapak Soegiarto, akan kami proses lebih lanjut.

      • arief marna sonjaya.SST.Par

        asskum. saya arief marna sonjaya, dari tangerang banten, mau menanyakan di smk bapak buka lowngan untuk guru tata boga todak ya tuk tahun ini , ,kalau ada mhon hubungi ke no saya 085692889422

  7. aning

    apakah ada lowongan untuk mengajar di sini? saya ingin memperluas pengetahuan dibidang tata boga. saya juga masih mengajar di smp Unggulan amanatul ummah surabaya sejak 2007.

  8. irine

    masukkan aja ya.. pertama- tama perkenalkan saya seorang reporter di sebuah tab kuliner. dulu saya juga dari smk, trs nerusin keperguruan tinggi negeri hgg q bekerja di tab. kuliner.
    masukkan saya kalau bisa siswa juga diajarkan bgm membuat resep, dan dijuga untuk pelajaran praktet untuk kelas 2 dan 3 juga mengikuti masakan yang tren terbaru, masakan yang bisa dilakukan untuk home indutri misal pembuatan bakso, ikan bungkus sarang semut atau laba2.. segitu aja.. masukkan saya

  9. laila slalu waspada

    mbb, aq ingin tau kewirausahaan tata boga

  10. numpang lewat :
    kami membutuhkan tenaga bakers, utamnya lulusan tata boga, yg serius silahkan hub kami via email ada mes bagi yg berasal dari luar kota , perusahaan kami berada di surabya lamaran lengkap dikirimkan ke breadday d/a ruko sakura regency blok-O no.6 surabaya…..tks met gabung

  11. naorieeezz zeetta

    thun 2010 , pndftran.na di mlai blandd ap ? nd tgl brapph ? ?

  12. tata boga… hmm bisa diprospek tuch bwt usaha

  13. Ghozali

    RESTORAN NASIONAL SEMOGA MAKIN BERKEMBANG N MAJU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s